Menuju Tenas IV Smansa Makassar: Ke Sekar Kedathon, Menimbang Menu Gala Dinner di Prambanan(Bagian 5)

  • Whatsapp
Sajian Sekar Kedathon (dok: Swkar Kedathon Restaurant)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Panitia Pelaksana Temu Nasional Alumni Smansa Makassar yang keempat bertanggungjawabmemberikan layanan terbaik untuk peserta yang akan hadir tanggal 6 September 2025 di Kota Yogyakarta.

Untuk itu, Phala Munafra Hafid, ketua panitia dan anggota yang saat ini sedang berkunjung ke Kota Yogyakarta menyatakan pihaknya sedang mengidentifkkasi sejumlah vendor, mitra atau penyedia kebutuhan seperti transportasi, akomodasi, konsumsi atau kuliner.

”Setelah berkunjung ke penyedia Gudeg Lies 2 di Jalan Wijilan, siang ini kita ke salah satu tempat bersejarah, karena bangunannya dan telah menjadi restoran ternama. Namanya Sekar Kedhaton Restaurant di Kecamatan Kotagede Yogyakarta,” terang Phala yang juga alumni Smansa 88 ini.

Read More

”Kita akan jajaki menu apa saja yang bisa ditangani atau disiapkan untuk perserta Gala Dinner,” ujarnya.

Sekar Kedhaton adalah salah satu restoran terbesar di Yogyakarta yang terletak di tengah wilayah destinasi wisata Kotagede. Banyak orang bilang eksterior dan interior restoran jadi daya pikat untuk berlama-lama di sini.

Pelakita.ID (kanan) saat berkunjung ke Sekar Kedathon Restaurant (dok: Ina Parenrengi)
Suasana bagian depan Restoran Sekar Kedaton (dok: Pelakita.ID)

Siang itu mobil tim melaju ke Jl. Tegal Gendu No.28, Prenggan, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.

Sekar Kedathon adalah bagian dari sejumlah grup usaha. Di antaranya, ada Sekar Kedhaton Mungkid. Sekar Kedhaton Mungkid menyajikan makanan bertema Mataram Islam yang khas serta suasana alam yang masih sejuk dan asri.

Lalu ada juga Pringgitan Resto & Rafting. Pringgitan Resto menyediakan menu prasmanan berkualitas dengan harga sangat terjangkau serta menyediakan fasilitas wahana liburan Rafting & VW sembari berkeliling sekitar area Borobudur.

Phala Munafra Hafid saat silaturahmi dengan manajemen Sekar Kedathon Restaurant (dok: Ina Parenrengi)

Ada juga Raos Djogja Catering. Ini merupakan perusahaan bagian yang menyediakan jasa catering, outside catering, dan wedding organizer dengan pelayanan prima, kualitas hidangan terbaik, dengan harga yang sangat terjangkau.

Restoran ini sudah belasan tahun berdiri, salah satu restoran terbesar di Yogyakarta yang terletak di tengah wilayah destinasi wisata Kotagede.

Konsepnya mengusung tema Kerajaan Mataram Islam dalam penyajian makanan yang unik dan suasana yang khas pada era tersebut menjadikannya tujuan wisata kuliner yang terkenal hingga kancah internasional.

Tim Panitia berbagi informasi dengan manajemen Sekar Kedathon (dok: Pelakita.ID)

Saat tim panitia pelaksana tiba, nampak 3 orang pengunjung.

Di ruang utama, ada dua orang berkulit putih berbahasa seperti bahasa Spanyol. Lalu datang sejumlah pengunjung asing lainnya. Usia di atas 50-an.

Lantaran telah menikmati Gudeg Lies 2, kampung tengah anggota tim lumayan penuh, tim tak menolak saat ditawari minuman khas Sekar Kedathon plus penganan minimalis nan gratis.

Minuman itu, kata pengelola restoran diilhami oleh munuman para pejuang kerajaan nun lampau saat hendak ke medan pertempuran.  Minuman berbahan asam dan soda.

”Nikmat dan segar betul,” kata Mas Pugon dari Smansa 88.

***

Secara umum, tim terkesan dengan area restorang yang nampak dengan berbagai hiasan serta ornamen tradisional. Ini menambah keindahan suasana kerajaan Sekar Kedhaton Restaurant. Ada lembaran batik dipajang dan hiasan dinding yang memikat dengan pilar unik.

Di kawasan restoran ini ada juga ballroom. Ruangan terbesar di Sekar Kedhaton Restaurant ini berkapasitas hingga 200 orang lebih.

Acara – acara besar seperti jamuan makan siang atau makan malam, pesta pernikahan, perayaan ulang tahun, dan acara seminar sangat cocok untuk diadakan di Ballroom

Interior Sekar Kedathon (dok: Pelakita.ID)

Lalu ada Outsite Catering – Tamu yang ingin menikmati hidangan Sekar Kedhaton kini tidak harus langsung datang ke resto dengan tersedianya paket nasi box dan juga outside catering

Mereka juga menyiapkan Wedding Package. Menyediakan paket pernikahan dengan bagaikan bangsawan dengan nuansa Kerajaan Mataram yang unik serta hidangan nikmat bervarias

Nah kita sampai pada menu utama yang bisa ditimbang untuk hidangan di Gala Dinner di beranda Prambanan tanggal 6 September 2025 nanti. Apa ya kira-kira?

Ini dia: Ayam Bakar Lembaran, Menu Hidangan Khas Kerajaan Mataram Islam.  Lalu ada Iga Brongkos, Menu Spesial Sekar Kedhaton berbahan daging sapi dan bumbu rempah Jawa khas hingga Ayam Bakar Kemangi, Ayam Bakar berbahan bumbu tradisional nikmat disajikan dengan daun kemangi harum.

Dengan penggambaran seperti di atas, penulis kepikiran. Akankah ini menjadi penggoda bagi alumni angkatan untuk memilih tempat ini kelak untuk gathering? Biar dapat nuansa Yogya yang bersejarah itu?

Atau penasaran menu apa gerangan yang akan dipilih oleh panitia menuju pelataran Candi Prambanan saat Gala Dinner Tenas IV Alumni Smansa Makassar yang akan digelar 6 September 2025.

Penulis: Denun

 

Related posts