IKA Unhas Sulsel siapkan FGD multipihak pengendalian banjir Metro Maminasata

  • Whatsapp
Pertemuan pengurus IKA Unhas Sulsel dengan Direktur Alumni Unhas (dok: istimewa)

DPRD Makassar

Pelakita.ID – Musibah banjir pekan lalu di area Mamminasata menjadi inspirasi bagi pengurus IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan untuk segera mencari titik temu terkait realitas, gejala dan solusi pengendalian banjir Makassar dan sekitarnya atau kerap disebut Metro Mamminasata.

Ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berinisiatif untuk memediasi para pemangku kepentingan untuk berbagi perspektif dan solusi.

“Kita terbuka untuk siapapun memberi masukan konstruktif bagi pengendalian banjir di Kota Makassar dan sekitarnya,” kata Danny Pomanto terkait perlunya pelaksanaan Focus Group Discussion ini.

Menurut Danny, FGD ini tidak semata memediasi para pemangku kepentingan tetapi mencari solusi terbaik, partisipatif dan relevan dengan kebutuhan Kota Metropolitan Makassar termasuk kawasan Mamminasata.

“Kami sangat siap berbagi pengalaman, berbagi data dan perspektif terkait bencana metrohidrologi di Metro Mamminasata ini,” sebut Danny.

Terkait harapan Wali Kota Makassar itu, Ketua Harian IKA Unhas Sulsel, Harun Ar Rasyid membangun komunikasi dengan Pihak Rektorat Unhas yang membidangi kealumnian.

“Hari ini kami atas nama IKA Unhas Sulsel, saya, Ibu Sakka Pati, Prof Muhammad Yusuf, Kamaruddin Azis telah bertemu dengan Direktur Alumni dan Informasi WR 3 Unhas Dr Andi Ahmar. Kami bicara tentang rencana pelaksanaan FGD yang dimaksud pak ketua wilayah,” jelas Harun Ar Rasyid.

“Di Warkop Ardan Masogi kami sepakat untuk menggelar acara ini tentatif pada 27 Februari 2023,” ungkap Harun.

“Selain tanggal, kami juga membicarakan narasumber relevan dan teknis pelaksanaan acara serta siapa saja yang kita akan libatkan bagi pengkajian, pengendalian, mitigasi dan adaptasi kebencanaan banjir di Metro Mamminasata,” jelas Harun.

“Proses diskusi terkait banjir ini amat dinamis di grup WAG Kolaborasi Alumni Unhas, kami tindak lanjuti hal positif tersebut dengan menunjuk bro Kamaruddin Azis sebagai koordinator teknis, sementara Dr Sakka Pati dan Prof Muhammad Yusuf sebagai narahubung FGD,” jelas Harun.

“Kami berharap FGD yang direncanakan oleh IKA Wilayah Sulsel ini akan berkelanjutan setidaknya sekali sebuan dengan tema-tema yang aktual di masyarakat dan diksusi WAG Kolaborasi Alumni Unhas,” pungkas Harun.  (KAS)

 

Related posts