Ghufran H Kordi Rilis Buku Lengkap tentang Hak, Perlindungan dan Persoalan Anak

  • Whatsapp
Buku baru besutan Ghufran H. Kordi K (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Buku berjudul Hak, Perlindungan, dan Persoalan Anak: 62 Ulasan Lengkap tentang Perlindungan Anak, ini merupakan refleksi dan pengalaman penulis selama ini sebagai pekerja sosial, aktivis, dan pengamat sosial, khususnya terkait dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Ghufran H Kordi penulis buku ini kepada Pelakita.ID menyebut sering kali, permasalahan anak menjadi permasalahan yang terpinggirkan karena dianggap sebagai masalah domestik atau masalah keluarga.

”Buku ini memang berbeda dengan buku-buku mengenai anak yang sudah sangat banyak beredar di pasaran, seperti tentang pengasuhan, pendidikan, IQ, emosi, dan sejenisnya,” ujarnya.

Dikatakan Ghufran, buku ini lebih membahas tentang hak dan perlindungan terhadap anak.

”Mengajak kita semua untuk lebih mendorong kesadaran mengenai anak dari sisi hak asasi anak, sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM),” jelasnya.

”Semoga dengan adanya buku ini bisa lebih menyelamatkan anak-anak dari situasi yang tidak kondusif, seperti kekerasan terhadap anak, perkawinan anak, pekerja anak, anak jalanan, anak telantar, dan lain-lain, sehingga tumbuh kembangnya anak menjadi lebih baik,” kuncinya.

Tentang Ghufran

Ghufran lahir tahun 1973 di Desa Tabapoma, Bacan Timur, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Dia adalah aktivis ornop/LSM, peneliti, penulis, fasilitator pelatihan, dan konsultan sejumlah proyek-proyek sosial, ekonomi dan lingkugan

Pengalamannya, di antaranya pernah aktif di Lembaga Mitra Lingkungan (LML) Sulawesi Selatan (1997—1999). Wahana Wisata Lingkungan (WWL) Makassar (1998—1999), dan Yayasan Pabatta Ummi (YAPTA-U) Sulawesi Selatan (1997—2001).

Dia juga aktif di Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulawesi Selatan, Institut Studi dan Pengembangan Masyarakat (ISPM) Sulawesi Selatan, Yayasan Esensi Sulawesi Selatan, dan Green Area Maluku Utara.

Saat ini bekerja untuk mendukung Program INKLUSI Yayasan BaKTI yang mendorong proses-proses pembangunan inklusi di sejumlah provinsi dan kabupaten kota di Indonesia.

Info buku baru

Penerbit: Andi Yogyakarta

Tahun Terbit: 2024

Ukuran: 16 x 23 cm

Tebal: xxii + 458 hal

Harga Rp 196.000

Bisa beli online atau ke No Hp: 0878-3991-6327/0821-3454-6565 (Nunik)

 

Redaksi

 

Related posts