Dukung Program INIMI BARRU, Komunitas Jagung Bakar 53 Gelar Baksos Kesehatan di Tanete Rilau

  • Whatsapp
Pasangan INIMI BARRU, Andi Ina dan Abustan bersama Komunitas Jagung Bakar 53 di lokasi Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Mattoanging, Kelurahan Lalolang, Tanete Rilau Barru (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID- Sejumlah alumni yang pernah bersekolah di salah satu SMA favorit di Makassar mengambil inisiatif menggelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan USG Gratis di Kelurahan Lalolang, Tanete Rilau, Kabupaten Barru.

Mereka menamakan diri Komunitas Jagung Bakar 53.

”Kita namakan Komunitas Jagung Bakar 53 sebab sekolah kami terletak di Jalan Gunung Bawakaraeng nomor 53, di Kota Makassar,” kata Phala Munafra Hafid, inisiator komunitas ini.

Read More

Koordinator Tim Jagung Bakar 53 yang akrab disapa Phala itu menyebut tujuan kegiatan ini untuk memberikan dukungan perbaikan kesehatan masyarakat di desa dan kelurahan yang merupakan bagian program INIMI BARRU Andi Ina – Abustan.

”Mengapa Barru sebab di sana, ada alumni Smansa angkatan 93 yang juga menginisiasi usaha yang sama untuk membantu meningkatkan taraf kesehatan warga Barru yang unggul dan inklusif, yaitu Andi Ina Kartika Sari,” jelasnya.

Andi Ina, lanjut Phala, bersama Dr Abustan saat ini maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Pinrang dengan nama INIMI BARRU.

”Keduanya berharap agar ada upaya penyadaran dan layanan kesehatan seperti ini. Gayung bersambut, kami gelar acara Baksos seperti itu setiap pekan,” ujar Phala.

Visi INIMI BARRU adalah Barru Berkeadilan, Barru Maju Berkelanjutan, Barru Sejahtera Lebih Cepat.

Ada lima misinya, percepatan pengentasan kemiskinan, pengentasan pengangguran, pembangunan manusia yang unggul dan inklusif, pengembangan infrastruktur dan berketahanan iklim, good governance bernapaskan keagamaan, hingga peningkatan produktifitas perekonomian berdaya saing.

Berlangsung sukses

Pada pekan pertama pelaksanaan Baksos tidak kurang 100 orang warga yang berdomisili di Kelurahan Lalolang, Kawasan Mattoanging hadir memeriksakan kesehatan.

Bahkan, ada dua orang ibu hamil yang datang memeriksakan janin melalui USG. Ada senyum di raut wajah mereka, diperiksa kesehatan janinnya dengan gratis pula.

Andi Ina yang datang ke lokasi acara menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas sahabat-sahabat dari Smansa Makassar.

”Terima kasih kepada Kakak Phala, kepada Kakak Nuntung dan kawan-kawan semua yang telah hadir di sini,” katanya seraya memperkenalkan tim pasangan INIMI BARRU, para pengusung partai seperti Golkar, PDI-P, PKS hingga Pemuda Pancaslia Barru dan tim suksesnya kepada Komunitas Jagung Bakar 53.

Suasana pelaksanaan Baksos Pemeriksaan Kesehatan dan USG Gratis di Barru yang digelar oleh Komunitas Jagung Bakar 53 di Kelurahan Lalolang, Kecamatan Tanate Rilau (dok: Pelakita.ID)

”Saya terharu, jauh-jauh datang dari Makassar untuk membantu kami di Barru,” ucap Andi Ina.

Sementara itu, calon wakil Bupati Barru yang berpasangan Andi Ina, Abustan mengapresiasi kepedulian alumni Smansa Makassar.

Dia juga mengajak ibu-bapak dan peserta Baksos untuk menjaga kesehatan dengan pola konsumsi yang sehat.

“Sumber persoalan kesehatan kita ini jika makan tidak teratur, semua dimakan, makanya timbul kolesterol, darah tinggi, hingga asam urat,” kata Sekda Barru di masanya ini.

Tokoh dan penisunan Penerangan Barru Haji Rusdi berada di lokasi Baksos, komitmen mendukung Pasangan INIMI BARRU (dok: Pelakita.ID)

Muhammad Arif, 72 tahun, warga Lalolang yang datang ke lokasi menyampaikan terima kasih karena bisa memeriksakan kesehatan gratis.

Hajjah Jufriah, salah satu kader Pemuda Pancasila yang datang ke lokasi mengaku salut dengan kegaitan ini dan mengaku hadir memberi dukungan karena kebaikan hati Andi Ina dan Abustan.

Upojiki,” ucap Jufriah. “Maksudnya, disuka dari lubuk hati paling dalam,” jelasnya.

Dia dan sejumlah ibu-ibu Mattoanging mengaku senang apalagi bisa bertemu langsung dengan Andi Ina dan Abustan.

Sementara itu, Komunitas Jagung Bakar 53 membawa sejumlah perlengkapan. Seperti USG, tempat tidur pasien, meja periksa, fasilitasi periksa tekanan darah, gula darah hingga kolestoerol dan asam urat.

Phala Munafra dkk saat bersua Andi Ina Kartika Sari di lokasi Baksos Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Barru (dok: Pelakita.ID)

”Jumlah yang hadir ini di luar perkiraan ternyata melebihi seratus orang, kami berterima kasih kepada anggota Andi Ina, pak Idham yang menyiapkan dan mengkoordinasikan kegiatan kami ini,” kata Phala Munafra.

Bersama Phala nampak sejumlah alumni seperti Haji Syahrial Smansa 83, Maliku Pakambanan dan istri Lauradiah Djalle Smansa 87, Muhammad Ronggur, Smansa 86 hingga Agus Budiawan Smansa 90 dan Kamaruddin Azis dari Smansa 89.

Haji Salama’ tokoh warga Tanate Rilau menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Jagung Bakar 53 yang telah membawa tim medis, dokter 2 orang, perawat  4 orang.

”Atas nama warga Mattoanging, Kelurahan Lalolang Tanete Rilau kami sampaikan terima kasih, ini sangat berguna untuk masyarakat kami,” ucapnya.

“Yang hadir juga sangat banyak itu artinya kebutuhan kesehatan merupakan prioritas warga,” kata Salama’ yang juga ketua Golkar Kecamatan Tanete Rilau.

Suasana akrab Andi Ina saat bersua kolega dari SMA Negeri I Makassar di Lalolang, Barru (dok: Pelakita.ID)

Kegiatan berlangsung hingga pukul 2 siang dan dilanjutkan dengan santap siang Komunitas Jagung Bakar 53 di rumah Haji Rusdi, tokoh masyarakat Barru yang selama ini merupakan simpatisan dan pengawal kampanye pasangan INIMI Barru, Andi Ina dan Abustan.

Redaksi

 

Related posts