Kolom Husni Latief: Azhar Arsyad, Sang Pemerhati Sosial Kemasyarakatan Sulsel

  • Whatsapp
Pasangan Danny Pomanto - Azhar Arsyad (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

Husni Latief, pemerhati kebudayaan Sulawesi Selatan membagikan pandangannya mengenai sosok Azhar Arsyad. Berikut tulisannya sebagaimana dibagikan di grup Jejaring Aktivis LSM Sulsel. 

PELAKITA.ID – Debut kontestasi Pilkada Sulsel 2024, menghadirkan pasangan kontestan yang perjalanan hidupnya sarat suasana kepedulian terhadap segala aspek sosial kemasyarakatan untuk wilayah Sulsel.

Pasangan itu adalah Danny Pomanto – Azhar Arsyad.

Keadaan ini, diharapkan dapat menetralisir atmosfir persaingan yang telah relatif kapitalistik-liberal, dengan nilai kemanusiaan yang selama ini dijunjung dan diperjuangkan oleh seorang Azhar Arsyad. Sosok yang di saat yang sama dipercayai menakhodai PKB Sulsel.

Keberadaan figur AzharArsyad-pun telah merepresentasi masyarakat Sulawesi Selatan terkhusus wilayah Kabupaten Pinrang yang berdasar sejarah bercikal bakal dari Luwu Purba, serupa konteksnya dengan wilayah asal masyarakat Sidrap dan Wajo atau konteks sejarahnya sebelum era tomanurung ke-3, Bone,Gowa,dan lain sebagainya atau era Sawerigading.

Berdasar keadaan ini, diharapkan kontestasi dan arah kebijakan kepemimpinan untuk wilayah Sulsel tak akan terlalu jauh meninggalkan dan atau bahkan melupakan kaidah keluhuran budaya Sulsel yang merupakan bagian dari rahmat yang telah AllahTaala berikan, yang sejalan dengan kaidah pembentukan suku/bangsa yang ditunjukkan Al Qur’an, yakni :

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْاۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
yā ayyuhan-nāsu innā khalaqnākum min żakariw wa unṡā wa ja‘alnākum syu‘ūbaw wa qabā’ila lita‘ārafū, inna akramakum ‘indallāhi atqākum, innallāha ‘alīmun khabīr

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. Q.S Al-Hujurat [49] : 13

Makassar,27September 2024/24RabiulAwal1446H

Related posts