Dishub Siapkan 350 Personel Amankan Makassar F8

  • Whatsapp
Kadis Perhubungan Kota Makassar, Zainal Ibrahim (dok: Humas Dishub)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar melalui Kepala Dinas Perhubungan Zainal Ibrahim menyebut pihaknya berkomitmen mengamankan kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang akan digelar pada 24  hingga 28 Juli 2024.

“Kita berkomitmen untuk menyiapkan jumlah personil sebanyak mungkin dan merupakan tambahan dari sebelumnya yang hanya 250 personel yang disiapkan,” ucap Zainal.

Zainal menyatakan bahwa langkah utama yang diambil adalah penerapan sistem kontra flow di beberapa titik strategis.

Read More

“Kita kontra flow di Jalan Haji Bau, dan Jalan Lamaddukelleng. Area zona pertama di panggung pembukaan di bundaran CPI dan MNEK kita rekayasa karena ada putaran di situ,” ucap Zainal terkait itu.

Menurutnya, demi mengurai kepadatan lalu lintas dari Metro Tanjung Bunga menuju CPI, jalur alternatif telah disiapkan melewati Bundaran Ikan.

Hal itu dilakukan dengan memastikan bahwa dari Jalan Rajawali belok kiri masuk ke CPI, lalu masuk ke dalam bundaran ikan kemudian keluar.

”Karena kita tutup di tengahnya supaya tidak macet,” kata dia.

Kata dia, upaya lain termasuk penyesuaian akses menuju Masjid Kubah 99 Asmaul Husna.

“Kita arahkan ke atas dulu di Jalan Metro Tanjung, lalu memutar masuk ke CPI lewat jembatan CPI. Kita hanya menggunakan satu jalur yang dibuat menjadi dua lajur, memakai jalur sebelah barat dengan pemasangan barrier di tengahnya,” ucapnya.

Area yang disterilkan dari kendaraan dimulai dari depan Monumen MNEK, belok kiri ke Jalan Metro Tanjung Bunga, dan kembali belok kiri menuju Jalan Penghibur.

Hal tersebut, kata Zainal, harus steril sampai di ujung Jalan Penghibur, tepatnya di depan Rumah Sakit Stella Maris.

Dia juga menyebut pihaknya, telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan kelancaran implementasi rencana ini.

“Rekayasa lalu lintas ini sudah disetujui oleh Bapak Wali Kota dan dikoordinasikan dengan Satlantas Polrestabes,” katanya.

Rekayasa lalu lintas ini akan dimulai pada hari pembukaan Makassar F8 dari siang hingga penutupan acara. Uji jalur direncanakan pada 22 Juli 2024 untuk memastikan efektivitas rekayasa yang disiapkan.

Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Perumda Parkir Makassar Raya dalam penyediaan kantong parkir selama pagelaran acara yang terdiri dari delapan zona, termasuk Jalan Metro Tanjung Bunga untuk VVIP dan VIP, serta berbagai lokasi strategis lainnya untuk parkir umum dan motor.

 

Related posts