Pengurus IKA Unhas Takalar Dilantik, Danny Pomanto Sebut Istimewa

  • Whatsapp
Foto bersama tim IKA Unhas Sulsel, IKA Unhas Takalar dan undangan (dok:: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin Wilayah Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto melantik pengurus IKA Unhas Daerah Takalar pada Sabtu, (20/17/2024.)

Pelantikan berlangsung di Ruang Pola I Mannindori, Kantor Bupati Takalar dan dihadiri sejumlah alumni, pejabat dan tokoh Takalar.

Nampak Pj Bupati Setiawan Aswad, Kajari Takalar Andi Tenriawaru, dan Guru Besar Hukum Agraria Unhas Prof Aminuddin Salle Karaeng Patoto.

Read More

Nampak pula tim IKA Unhas Sulsel seperti Ketua Harian Harun Ar Rasyid, Sekretaris Hidayah Muhallim, Iqbal Arifin, Dr Sakka Pati, Zulham Arief, Sugianto Wahid, Sahman A.T hingga Makhfudz Sappe.

Hadir pula sebagai undangan ketua IKA Unhas Jeneponto, perwakilan IKA Unhas Gowa Harianto Sirajuddin.

Berdasarkan SK yang dibacakan oleh Hidayah Muhallim, jumlah penguus IKA Unhas Takalar tidak kurang 400 orang. Mereka terdiri dari berbagi latar belakng fakultas dan sebagai ketua adalah Okta Wiraguna, alumni Fisip Unhas.

Dalam sambutannya, Okta menyebut meski baru saja dilantik, namun selama ini pengutus telah menggelar sejumlah kegiatan.

”Kemarin ada aksi donor darah dan kerja bakti,” ucapnya.

Dia juga mengapresiasi kinerja Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad yang menurutnya telah meningkatkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di Takalar.

Suasana pembukaan pelantikan IKA Unhas Takalar (dok: Pelakita.ID)

“Setelah pelantikan ini, kita seharusnya sadar, bahwa masih banyak ilmu-ilmu kita yang belum kita implementasikan,” ucapnya.

”Jadi, diharapkan dengan wadah IKA Unhas ini, kita dapat berperan dan bermitra dengan berbagai pihak, terkhusus pemerintah daerah, dalam hal pembangunan Takalar,” ujar pria yang merupakan konsultan pembangunan desa ini.

“Meski kami lambat pelantikan, tapi kami telah melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan sosial. Kami telah melaksanakan donor darah, sunatan massal, klinik hukum, konsultasi masalah perikanan dan urusan desa,” terangnya.lanjut Okta.

Sambutan Danny Pomanto

Ketua IKA Unhas Sulsel, Danny Pomanto yang melantik dan mengukuhkan pengurus tersebut memberikan semangat dan penghargaan kepada alumni Unhas yang ada di Takalaar. Kabupaten yang menurutnya punya potensi sumber daya alam yang besar dan posisi strategis sebagai kawasan ekonomi baru.

“Alumni adalah buah dari sebuah pohon almamater. Makin manis buahnya, makin bermanfaat buahnya, pasti akan dipuji pohonnya,” kata Danny.

Menurutnya, kita sebagai alumni adalah buah yang harus membuktikan bahwa kita bermanfaat bagi banyak orang.

“Olehnya, setelah kita selesai meninggalkan Universitas Hasanuddin, jadilah buah-buah yang dinikmati masyarakat, dari keilmuan yang kita punyai,” ucapnya.

Dia juga menyebut tiga hal yang dimiliki alumni. “Alumni itu punya beberapa hal. Punya pengalaman, punya ilmu, punya jaringan. Tiga hal. Kalau ini disatukan, dalam semangat ber-alumni, berikatan alumni, maka semangatnya itu butuh tiga hal juga,” kata dia.

Alumni, kata Danny harus mengabdi untuk almamater, masyarakat dan lingkungan.

Pada kesempatan tersebut Danny juga memaparkan 6 cluster kawasan yang disebutnya inisiatif bersama IKA Unhas Sulsel. Cluster Selat Makassar, Pantai Selatan, Teluk Bone, Bawakaraeng Lompobattang, Bulusaraung dan Cluster Latimojong.

Kepada Pelakita.ID Danny menyebut beberapa titik Takalar yang bisa menjadi area pengabdian alumni adalah Kawasan Tanakeke, satu kawasan yang kaya potensi sumber daya kelautan perikanan.

“Juga kawasan di segitiga Gowa, Jeneponto dan Takalar yang kaya sumber daya kehutanan,pertanian, perkebunan dan pariwisata,” tambahnya.

Hal tersebut direspon oleh Pj Bupati Setiawan sebagai sedang disiapkan untuk pengembangan kawasan dimaksud.

Selain kawasan segitiga itu, Pemda Takalar juga sedang mendorong sentra industri di Laikang, yang rencana investasinya mencapai pululhan triliun.

Harapan Pj Bupati Takalar

Sementara itu, Pj Bupati Takalar yang didaulat memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus IKA UNHAS periode 2023 – 2027 mengaku sangat bangga dan bersyukur.

“Alhamdulillah, akhirnya IKA Unhas kini sudah hadir di Takalar Kami berharap besar dengan kapasitas para Alumni Unhas di Takalar, saya sangat yakin akan bisa membantu kami,” kata Setiawan Aswad yang mengaku istrinya adalah dosen di Unhas.

Para undangan pelantikan IKA Unhas Takalar (dok: Pelakita.ID)

Dia menyebut, alumni Universitas Hasanuddin sebagai mitra almamater dalam mewujudkan kemajuan kebudayaan umat manusia pada umumnya.

”Dan kemajuan masyarakat Indonesia pada khususnya seharusnya melakukan upaya pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dan seni dengan tidak mengabaikan kearifan lokal yang ada dalam masyarakat,” tambahnya.

Dia juga menyebut alumni semestinya ikut menegakkan integritas kampus serta merajut citra kampus menjadi sebuah Universitas yang mumpuni di berbagai aspek.

Dikatakan, dalam menjalankan peran tersebut, semua pihak dari elemen perguruan tinggi, termasuk organisasi alumni seharusnya mengambil bagian.

”Tidak tertinggal dalam penggelutan dinamika pergerakan dan perjuangan yang terus menerus menuju visi masa depan,” kuncinya.

Sementara ketua Panitia Pelantikan Arfiuddin menyatakan, atas nama panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada kakanda dan adinda Ika Unhas Takalar.

”Atas doa dan dukungan, dan kedatangan dan adinda di dalam kegiatan pelantikan dan rapat kerja pengurus Ika Unhas Takalar,” sebut pria yang akrab disapa Fiu itu.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan.

“Semoga ini akan menjadi awal atau momentum untuk berkolaborasi baik dengan pemerintah provinsi, Kota Makassar maupun Pemerintah Kabupaten Takalar atau lembaga non pemerintah, hari ini akan menjadi penentu IKA Takalar membangun kohesi, untuk Takalar yang lebih. Salam hormat kami dari panitia,” sebutnya.

”IKA Unhas Takalar untuk rakyat,” tutupnya.

Istimewa

Sejumlah undangan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pelantikan IKA Unhas Takalar yang digelar dengan baik. Ada pergelaran seni tari kreasi, a’ngaru, penampilan musik langgam Platar asal Takalar termasuk pameran produk-produk UMKM Takalar, mulai dari Songkok Guru hingga kue-kue tradisional.

Danny Pomanto memuji proses persiapan dan pelaksanaan pelantikan sebagai ’istimewa’.

”Ini salah satu pelantikan yang terbaik sejauh ini,” kata Danny.

Bahkan Ketua IKA Unhas Sulsel itu ikut menyanyi lagu Minasa Riboritta meski mengaku cukup lelah dengan jadwal yang padat selama sepekan ini.

Pantauan Pelakita.ID, pengurus IKA Unhas Sulsel menikmati sajian makan siang yang nikmat.

”Mangngaku nakke jamuan makan siangnya, ada udang windu raksasa, sate nan enak, serta ikan bakar beronang, ada manis-manisnya,” puji Daeng Nuntung, dari Pelakita.ID

Related posts