PERSPEKTIF: Tentang Tambang Nikel dan Nestapa di Laut Wawonii

  • Whatsapp
Dampak tambang ke pssisir Halmahera (dok: JATAM)

DPRD Makassar

Opray menulis, Filipina tahun ini menutup atau menangguhkan 17 tambang nikel karena masalah lingkungan.

PELAKITA.ID – Foto viral yang menunjukkan laut di sekitar Pulau Wawonii, Sulawesi Tenggara tercemar oleh aktivitas pertambangan menjadi bahan perbincangan publik dan menuai rasa geram.

Bagaimana bisa pulau yang dulunya adem, alamiah, destinasi wisata tiba-tiba menjadi berantakan, laut tercemat, pesisir porak poranda? Mengapa orang-orang diam saja?

Siapa gerangan di balik perubahan ekosistem laut sedrastis dan bikin sesak dada warga setempat itu?

Bagi kita, setidaknya perlu pemikiran ulang, mengapa sulit mewujudkan ‘tambang sehat’ atau mengikui prosedur sebagaimana telah dimaktubkan di rencana usaha tambang mereka seperti janj perusahaan ke Pemerintah?

Coba, di Maluku, organisasi advokasi tambang JATAM berbagi berita. Hari ini ekspor perdana nikel sulfat PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) melalui entitas asosiasinya, PT Halmahera Persada Lygend (PT HPL) ke China.

Hari ini pula, banjir lumpur tambang dari Harita menggenangi rumah-rumah warga, mencemari sungai hingga laut, ruang hidup nelayan di Kawasi, Halmahera Selatan.

Di Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara, pertambangan disebut-sebut telah “memporakporandakan” kehidupan masyarakat.

Dari BBC dilaporkan, warga Maba Pura, Halmahera Timur, Maluku Utara, Muh Ruh menceritakan, polusi udara yang tercemar debu tambang menyebabkan beberapa masyarakat menderita sesak nafas hingga muntah darah.

“Debu itu seperti kristal, pecahan kaca halus yang jika masuk pernafasan akan mengiris-iris orang dalam jika terus dihirup,” kata Ruh.

Bukan hanya kesehatan, pertambangan juga merusak hutan dan mencemari laut tempat warga mencari makan.

Tentang ‘neraka’ di sekitar Pulau Wawoni, JATAM menulis: Situasi serupa juga terjadi di Pulau Wawonii.

Sejak sebulan terakhir, operasi Harita melalui anak perusahaan, PT Gema Kreasi Perdana, mencemari sumber air, air sungai, dan laut.

Pencemaran sumber air berdampak pada hilangnya akses air bagi 2.214 jiwa warga di 5 desa di Konawe Kepulauan.

Warga Wawonii satu per satu mengutuk pelaku yang membuat air laut mereka memerah terutama di sekitar Sungai Roko-Roko. Mereka menyebut, laut memerah karena aktivitas pemuatan ore nikel.

“Bagaimana bisa dapat ikan kalau laut sudah serupa tungku mendidih?” sesal mereka.

Bagi JATAM, pencemaran ini, adalah rentetan daya rusak yang tak mungkin akan berakhir—setelah sebelumnya pihak perusahaan merampas tanah-tanah dan mencemari udara, hingga melakukan intimidasi dan dikriminalisasi warga yang melawan.

Separah itu?

Pelakita.ID mengutip artikel dari Natural Geographic tentang dampak tambang nikel dan bagaimana perusahaan berjibaku mengantisipasi dampak buruknya.

Yang pasti, ekstraksi nikel, terutama yang ditambang di Australia, Kaada, Indonesia, Rusia, dan Filipina, menimbulkan biaya mahal dan dampak lingkungan dan kesehatan yang sangat besar.

Nesta di Laut Wawonii (dok: video JATAM)

Jurnalis Max Opray, melaporkan ketika negara-negara di seluruh dunia membuat undang-undang untuk menghapuskan mobil bensin dan diesel, perhatian mereka beralih ke dampak lingkungan dari penambangan aneka jenis unsur yang dibutuhkan untuk baterai kendaraan listrik.

Fokus mereka pada masalah etika dengan rantai pasokan kobalt dan litium.

Meskipun menurut CEO Tesla Elon Musk bahwa baterai ion litium yang digunakan kendaraannya sebagian besar terbuat dari nikel dan grafit, dengan litium itu sendiri hanyalah “garam di atas salad”.

Tetapi ekstraksi nikel – yang sebagian besar ditambang di Australia, Kanada, Indonesia, Rusia, dan Filipina – berdampak sungguh besar dan buruk pada lingkungan dan kesehatan warga di sekitarnya.

Gumpalan sulfur dioksida menggerogoti ruang udara, bumi bergejolak diselimuti debu kanker, sungai mengalir merah darah – juru kampanye lingkungan telah melukiskan gambaran suram tentang tambang nikel dan peleburan yang memberi makan industri kendaraan listrik.

Opray menulis, Filipina tahun ini menutup atau menangguhkan 17 tambang nikel karena masalah lingkungan.

Di sisi lain, penambang yang berjuang karena harga nikel yang rendah menyambut baik permintaan yang meningkat dari industri yang diperkirakan oleh Badan Energi Internasional akan mengerahkan hingga 70 juta kendaraan listrik pada tahun 2025.

Ini berjalan terlalu lambat bagi sebagian orang  sementara di daerah lain, tambang Ravensthorpe di Australia Barat menjadi yang terbaru dari deretan panjang proyek nikel yang akan ditutup pada bulan September.

Tetapi pada hari yang sama di negara bagian yang sama, raksasa pertambangan Anglo-Australia BHP Billiton meluncurkan rencana untuk pabrik pemrosesan senilai $43 juta (£33,5 juta) untuk memasok 100.000 ton nikel sulfat per tahun ke pasar baterai yang sedang berkembang.

Carey Smith, seorang analis senior di Alto Capital, mengatakan BHP Billiton memiliki kantong atau pundi yang cukup dalam untuk mempertahankan ledakan kendaraan listrik, tetapi mencatat bahwa hal itu hanya dilakukan setelah gagal menjual bisnis Nickel West yang tidak menguntungkan karena perkiraan A$1 miliar ( £616m) dalam kewajiban pembersihan lingkungan.

Sementara itu, pada sisi lain juga, maraknya mobil listrik bisa membuat kita mengalami masalah limbah baterai yang besar

“Mereka memiliki terak selama 40 tahun, yang bukan merupakan bahan terbersih di dunia,” kata Smith.

“Itu harus dibuang dengan hati-hati, entah bagaimana dikubur atau ditutupi dengan tanah liat.”

South32, yang memisahkan diri dari BHP Billiton pada tahun 2015, menjalankan tambang Cerro Matoso di Kolombia, di mana penduduk masyarakat sekitar dan pekerja tambang telah melaporkan peningkatan tingkat kelainan bentuk dan masalah pernapasan yang terkait dengan paparan polusi yang dihasilkan oleh penambangan dan peleburan nikel.

Seorang juru bicara BHP Billiton mengatakan kepada Guardian bahwa semua proyek perusahaan memenuhi persyaratan persetujuan lingkungan.

Dr David Santillo, seorang ilmuwan senior di Greenpeace Research Laboratories, ikut berbagi pendapat.

“Penambangan bijih kaya nikel itu sendiri, dikombinasikan dengan penghancuran dan pengangkutannya dengan ban berjalan, truk atau kereta api, dapat menghasilkan muatan debu yang tinggi di udara, debu yang itu sendiri mengandung konsentrasi tinggi dari logam yang berpotensi beracun, termasuk nikel itu sendiri, tembaga, kobalt, dan kromium.”

“Kita harus lebih pintar dalam memulihkan dan menggunakan kembali jumlah besar yang telah kita ekstrak dari bumi, daripada terus mengandalkan pencarian cadangan baru dengan kualitas yang lebih buruk dan dengan biaya lingkungan yang besar.”

Pembuat mobil Prancis Renault, produsen Zoe, kendaraan listrik terlaris di Eropa pada tahun 2016, mengatakan bahwa mereka mendaur ulang hampir 70 persen dari berat baterai, meskipun tidak menentukan berapa proporsi nikel yang didaur ulang.

Tesla mengklaim bahwa nikel dalam kendaraannya 100 persen dapat digunakan kembali pada akhir masa pakainya, tetapi menolak untuk mengungkapkan kepada Guardian dari mana sumber nikel dalam aki mobilnya.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Tesla mengatakan pemasok “tiga atau empat lapisan dihilangkan dari Tesla.”

“Jelas cukup sulit untuk memiliki pengetahuan yang sempurna tentang segala sesuatu yang terjadi sejauh ini dalam rantai pasokan, tetapi kami telah bekerja sangat keras untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dan untuk memastikan bahwa standar kami terpenuhi.”

Itu pendapat Tesla.

Robert Baylis, dari konsultan pertambangan Roskill, mengatakan memasuki rantai pasokan kendaraan listrik akan melihat penambang nikel pada aspek emisi karbon.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam PLOS One menyimpulkan bahwa potensi pemanasan global dari pertambangan dan pengolahan nikel adalah yang tertinggi kedelapan dari 63 logam dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, studi Union of Concerned Scientist (pdf) tahun 2016 menemukan bahwa pembuatan dan pengoperasian kendaraan listrik menghasilkan kurang dari setengah emisi karbon dari kendaraan bertenaga bensin dan diesel yang sebanding.

Raksasa pertambangan Rusia Norilsk Nickel telah menanggapi tekanan pada emisi karbon dan mengklaim telah mengurangi penggunaan energi berbahan bakar batu bara sebesar 49 persen pada tahun 2016.

 

Tim Redaksi

 

 

Related posts