F8 Makassar 2024 Resmi Dibuka, Zudan Ajak Investor Buka Usaha di Makassar

  • Whatsapp
Suasana Pembukaan F8 Makassar (dok: Pemkot Makassar)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Event tahunan spektakuler bernama F8 di Makassar kembali digelar. Acara dibuka resmi pada hari Rabu tanggal 24 Juli 2024 di kawasan tugu MNEK Center Poin of Indonesia (CPI), jL Metro Tanjung Bunga.

Pada malam pembukaan yang dihadiri ribuan peserta. Event F8 adalah Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan diisi oleh tersebut diisi dengan pementasan seni dan musik yang dihadiri oleh delegasi dari 18 negara sahabat.

F8 dihadiri 48 perwakilan dari 19 negara.  Ada Belanda, Italia, Singapura, Philipina, Australia, Amerika Serikat, Jepang, Polandia, United Kingdom, Uni Emirat Arab (UEA), Malaysia, serta tuan rumah Indonesia.

Read More

Para tamu undangan dijami oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto di atas kapal pinisi.

Yang tak kalah membanggakan karena acara diramaikan juga oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Hasanuddin mengawali agenda tersebut.

Danny Pomanto mengatakan, inilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh para penikmat F8. “F8 telah mengubah wajah  Makassar dari kota demonstrasi menjadi kota festival,” katanya.

“Bersama Staf Ahli Menparekraf RI dan Pj Gubernur Sulsel, saya resmi membuka perhelatan Makassar International Eight Festival and Forum (F8 Makassar) 2024,” kata Danny, Rabu (24/7).
Menurutnya, dengan masuknya F8 Makassar sebanyak 5 tahun berturut-turut ke dalam TOP Karisma Event Nusantara, menegaskan komitmen untuk bertransformasi Makassar sebagai Kota Festival Tepian Air.
Saya berharap dengan kehadiran semua tokoh dan tamu undangan terus mendorong penyempurnaan F8 hari ini dan akan datang sebagai upaya merajut kekuatan kita lewat budaya untuk masa depan lebih baik.

Dia juga mengatakan, f8 sekadar festival tetapi tempat bertemunya semua kemampuan, mulai dari anak lorong Makassar, anak Sulsel, Indonesia Timur dan Indonesia secara keseluruhan.

”F8 menjadi wadah bagi mereka untuk berkolaborasi satu sama lain.  Ada dua kegiatan besar yang mengisi ruang-ruang F8, yakni festival dan  forum,” ujar Danny.

Terkait itu, dia menyebut, akan digelar Makassar Investment Forum dengan menghadirkan investor.

”Kita juga telah menggelar Indonesia Youth Summit (IYS) yang berlangsung si Kampung Tokka, Maros,” kata dia.

Lima Zona

Ada lima zona yang bisa dikunjungi di F8, masing-masing memiliki panggung pementasan. Ada flora fauna, folk, fussion music, fashion, film, fiction writer, foods, dan fine art.

Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan dalam sambutannya mengaku ikut bangga dan bahagia dengan terlaksananya event akbar F8 Makassar.

“Kita harap melalui kegiatan ini Sulsel dapat terus mengembangkan budaya dan seninya. Mari kita ramaikan f8 dan forum -forum di dalamnya kami mendukung kegiatan ini, sukses terus F8 Makassar,” Kata Zudan.

Ia juga mengajak para tamu dari luar negeri untuk melakukan investasi di Sulsel.

Dia menitip pesan agar tetamu luar negeri yang hadir agar menanamkan investasi di Sulsel sebanyak banyaknya.

”Dari luar Makassar belanjakan uang bapak/ibu di Makassar jangan ada yang tersisa agar ekonomi tumbuh terus 2 dikit,” ajak dia.

Dari Kementerian Parekraf, diwakili Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Menparekraf, Restog Krisna Kusuma datang pujian. Pihaknya mengapresiasi event F8 Makassar.

”Ini sudah lima kali berturut-turut masuk dalam daftar TOP 10 KEN Kementerian Pariwisata, diharapkan dapat menunjukkan kualitan yang lebih baik,” kata dia.

“Mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kami sangat mengapresiasi Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata yang terus menjaga selama 5 tahun kualitas F8 yang semakin baik,” kuncinya.

Pihaknya juga mendorong event-event ekonomi di Indonesia digalakkan sehingga mampu memajukan ekonomi kreatif di masyarakat.

Parekraf berharap dengan adanya event seperti ini mampu melahirkan para pelaku ekonomi yang baru.

”Meningkatkan perekonomian masyarakat dan menggerakkan para wisatawan mancanegara datang ke Indonesia,” harapnya.

Selain itu, pembukaan F8 dihadiri oleh jajaran, Forkopimda Sulsel dan Makassar, Mantan Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua DPRD Sulsel Ina Kartika dan Ketua DPRD Sulawesi Barat St Suraidah Suhardi.

Hadir juga Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, Ketua KKSS, para Rektor perguruan tinggi, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kota Makassar.

 

Sumber: Diskominfo Makassar

 

 

 

 

 

 

 

Related posts