Kolom Mubha Kahar Muang: Catatan Kecil Perjalanan Prabowo Subianto menuju Presiden RI ke-8

  • Whatsapp
Prabowo Subianto kala menjadi perwira muda (inzet Mubha Kahar Muang, penulis)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Langkah awal Prabowo Subianto adalah membangun Partai Gerindra di 2008 sebagai kendaraan cita-cita menjadi pemimpin negeri ini, karena sejak 2003 UU mengatur untuk maju sebagai capres harus diusung  partai sejumlah tertentu kursi di dewan atau presidential threshold.

Prabowo diusung sebagai capres oleh Partai Gerindra kemudian Prabowo membangun koalisi partai untuk memenuhi ketentuan presidential threshold dan memimpin koalisi partainya.

Langkah tersebut menunjukkan bahwa Prabowo taat aturan dan memiliki kemampuan manajerial yang bisa membangun koalisi sesuai aturan yang berlaku serta menunjukkan ketokohan sebagai seorang pemimpin.

Kemampuan membangun dan merawat partai hingga menjadi tiga partai terbesar pada Pemilu Legislatif 2014 dan 2019 menunjukkan kekuatan jaringan di dalam dan luar negeri serta kekuatan sumber daya yang dimiliki.

Prabowo bersiap maju capres diikuti dengan kesiapan gagasan tentang Indonesia yang ingin dibangun ke depan, tantangan dan solusinya.

Prabowo memiliki visi misi yang ingin diwujudkan untuk NKRI tercinta seperti yang dituangkan dalam “Gagasan dan Pemikiran Prabowo Subianto Paradoks Indonesia dan solusinya”.

Jadi Prabowo salah satu tokoh yang maju capres, siap dari segi aturan dan siap dari segi gagasan, serta sumber daya.

***

Dari perjalanan karir Prabowo telah berhasil menoreh beberapa catatan menarik baik di dalam maupun di luar negeri.

Yang cukup menonjol antara lain ketika selesai dari Pendidikan Militer tahun 1974, Prabowo menjadi Komandan Satuan Operasi termuda dalam sejarah AD saat memimpin operasi Tim Nanggala di TimTim. Menjadi Komandan Satuan Operasi di daerah pertempuran menunjukkan bahwa Prabowo terlatih untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat.

Tetap Jenderal

Ketika mengikuti pelatihan Pendidikan Militer di Fort Bragg, AS tahun 1980, di lembaga yang mencetak pasukan khusus dari negara asing, menurut Stanley A Weiss, pendiri lembaga Business Executives for National Security di Washington, Amerika Serikat, mengatakan Prabowo dan Pangeran Abdullah dari Yordania adalah murid paling menonjol yang pernah dilatih di Amerika.

Weiss dalam artikel di Huffington Post, 2012 lalu mengatakan, hal ini disampaikan sendiri oleh Wayne Downing, jenderal bintang empat yang melatih para tentara asing di Fort Benning.

Selain pernah bertemu dalam pendidikan infanteri di AS, Prabowo dan Pangeran Abdullah juga sempat latihan antiteror bersama di Jerman Barat. Karena kedekatan secara pribadi dengan Prabowo sehingga setelah kisruh 1998 pecah, saat itu, Abdullah yang masih menjadi pangeran menawari Prabowo untuk tinggal sementara di negaranya.

Prabowo disambut hangat oleh Pangeran Abdullah. Bahkan Prabowo sempat diundang ke markas tentara Yordania. Prabowo tiba dengan pakaian kasual, namun disambut secara militer.

Bahkan, Pangeran Abdullah II yang saat itu memimpin Komando Pasukan Khusus Kerajaan Yordania memaksa Prabowo menginspeksi pasukannya.

“Di sini Anda tetap Jenderal,” kata Pangeran Abdullah sambil memeluk Prabowo.

Kepergian Prabowo Subianto menuju Yordania terjadi pasca peristiwa reformasi 1998. Hal itu dilakukan Prabowo setelah diberhentikan dari dinas militer.

Jabatan yang diemban ketika itu adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat alias Pangkostrad.

Prabowo mendapat Surat Pemberhentian Dengan Hormat disertai ucapan terima kasih atas jasa-jasanya selama menjalankan tugas terhadap Negara dan Bangsa selaku Prajurit Angkatan Bersenjata Republik Indonesia.

Surat tersebut ditandatangani dan ditetapkan di Jakarta pada 20 November 1998 oleh Presiden Republik Indonesia BJ Habibie.

Selama di Amman, Yordania Prabowo Subianto banting setir menjadi pengusaha. Prabowo menjalankan bisnis yang lebih dulu dijalankan oleh adiknya yakni Hasyim Djojohadikusumo yang dikenal sebagai pengusaha minyak di Kazakhtan.

Salah satu yang menarik di luar itu dari Prabowo adalah pilihan untuk melatih Pasukan Komando Yordania dan Hamas.

Prabowo melatih Hamas yang kemudian dapat meningkatkan kemampuan Hamas melawan Israel, artinya Prabowo sebagai prajurit TNI sangat memahami amanat konstitusi kita seperti yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945,

“Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”

Prabowo memperkuat kemampuan Hamas untuk membantu Palestina bertahan dari serangan lawan dan berjuang untuk merdeka. Berarti perjuangan Prabowo sudah lintas negara.

***

Setelah sekian lama berada di Yordania, Prabowo Subianto akhirnya kembali ke Indonesia 2008, jelang Pemilu 2009.

Menurut BBC, ia langsung mendirikan Partai Gerindra dan memulai aktivitas politik.

Prabowo Subianto. Presiden RI ke-8 (dok: Istimewa)

Selain itu, Prabowo juga membangun usaha di sektor perkebunan kelapa sawit dan pertambangan.

Sosok Pembela Tanah Air

Hal yang menonjol lainnya dari perjalanan karir Prabowo adalah Prabowo tercatat memiliki pengalaman heroik mempertaruhkan nyawa untuk nama baik NKRI, yaitu berhasil memimpin Tim membebaskan tawanan OPM di bawah pimpinan Kelly Kwalik.

Peneliti yang melakukan ekspedisi ke Taman Nasional Lorentz Papua yang terdiri dari 4 peneliti dari Inggris, 4 dari dari Indonesia, dan 3 dari aparat setempat, yang ditawan di tengah hutan selama empat bulan sejak Januari hingga Mei tahun 1996.

Penyanderaan kala itu tidak menguntungkan TNI dan para sandera karena medan yang berat dan di tengah hutan belantara. Prabowo beserta tim 9 Mei 1996 menyerbu lokasi tawanan dan berhasil menyelamatkan sandera secara paksa.

Berita penyanderaan tersebut telah membuat nama Indonesia cemar di mata dunia karena selama berbulan bulan berita tawanan tersebut dimuat di media internasional, sehingga terkesan, Indonesia menjajah Papua, karenanya penduduknya berjuang untuk merdeka.

Prabowo membuat penyamaran yang tidak lazim dengan meniru cat helikopter dan pakaian seragam Palang Merah Internasional. Kemampuan melakukan pembebasan sandera tersebut adalah gabungan dari kecerdasan, keberanian dan kecintaan kepada NKRI.

Setelah peristiwa penyanderaan di Papua ketika itu, Prabowo mulai memberi perhatian kepada anak-anak Papua. Prabowo sejak itu menjadi orang tua asuh sekitar 8000 an anak di Papua. Kegiatan orang tua asuh dilakukan oleh Gerindra.

Adapun kegiatan utama adalah pengenalan baca tulis anak sebelum masuk ke sekolah hingga mengajarkan bagaimana mereka menjaga kebersihan bekerjasama dengan aparat desa setempat.

Prabowo aktif memantau pendidikan anak-anak asuh termasuk memantau agar bantuan yang diberikan dipastikan sampai kepada anak-anak asuh.

Kegiatan sosial ini berlangsung sejak 2008. Hal ini menunjukkan kepedulian Prabowo terhadap penyiapan Sumber Daya Manusia yang lebih baik di wilayah paling timur Nusantara.

Peduli Petani dan Nelayan

Selain itu, Prabowo terpilih menjadi Ketua Umum Perhimpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI ) periode 2004 sd 2009, dan 2010 sd 2015. Kemudian Prabowo juga terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Periode 2008-2013.

Pilihan Prabowo menjadi pengurus HKTI dan APPSI menunjukkan kepedulian Prabowo kepada petani dan nelayan yang jumlahnya sekitar 30 persen dari angkatan kerja yang ada.

Hasil kerja mereka perlu disinergikan dengan pedagang pasar dan perlunya perhatian dan keberpihakan terhadap para pedagang Pasar Tradisional.

Selain itu yang tidak kalah menarik adalah aksi kemanusiaan Prabowo membebaskan TKW Wilfrida September 2013 dari hukuman mati di Malaysia.

Prabowo bahkan secara pribadi menyewa pengacara kelas wahid di Malaysia, Tan Sri Shafee, dan Prabowo juga aktif bolak balik ke Malaysia menghadiri persidangan kasus TKW asal NTT yang dituduh membunuh majikannya.

Perjuangan dan kegigihan Prabowo berhasil membebaskan Wilfrida dari tiang gantungan.

Langkah tersebut menunjukkan bahwa Prabowo juga memiliki perhatian besar kepada rakyat kecil, apalagi TKI merupakan salah satu penghasil devisa terbesar Indonesia.

Peduli petani dan nelayan (dok: Istimewa)

Prestasi Prabowo dalam membina dan mencetak atlit bertaraf Internasional melalui olah raga Pencak Silat yang merupakan budaya bangsa Indonesia mendapat penghargaan dan pengakuan baik di dalam maupun di luar negeri sehingga Prabowo dipilih sebagai Presiden Pencak Silat Antar Bangsa.

Asian Games ke 17 tahun 2014 di Korea Selatan yang diikuti oleh 37 negara, Indonesia hanya menempati urutan ke 17.

Tetapi Asian Games ke 18 tahun 2018 di Jakarta yang diikuti oleh 37 negara prestasi Indonesia meloncat jauh ke atas menempati urutan ke 4, prestasi terbaik yang dicapai Indonesia sejak Asian Games pertama di India tahun 1951.
Prestasi itu dicapai berkat atlit Pencak Silat yang menyumbang 14 emas.

Pilihan Prabowo membina olah raga Pencak Silat adalah pilihan yang patut mendapat apresiasi sebagai pilihan tepat dari seorang tokoh yang memiliki perhatian untuk mendorong minat masyarakat terhadap kelestarian budaya bangsa disamping upaya sehat dan berprestasi.

Langkah Prabowo memilih menerima hasil Pilpres 2019 dari pada membenturkan massa pendukung yang ingin terus berjuang menolak hasil kepututusan MK, serta keputusan menerima permintaan bergabung dengan pemerintahan Jokowi walau tentu bukan pilihan yang mudah tetapi dengan pertimbangan untuk menghindari keterbelahan masyarakat dinilai berbagai pihak sebagai sikap yang lebih mementingkan keutuhan dan persatuan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Sekaligus membuktikan bahwa jiwa nasionalisme Prabowo sangat kuat.

***

Langkah dan capaian Prabowo tersebut di atas selain karena kekuatan ketokohannya, juga karena didorong oleh keinginan agar Indonesia menjadi lebih maju.

Keinginan atau cita cita luhur tentang Indonesia yang lebih baik yang ingin diwujudkan yang kemudian menjadi tekad untuk maju sebagai pemimpin nasional.

Tekad Prabowo Subianto maju capres 2024 adalah tekad yang disertai kesiapan fisik, mental, sumber daya serta perjuangan yang cukup panjang demi untuk mewujudkan sebuah cita cita luhur untuk memajukan RI tercinta.

Selamat atas Pelantikan Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden RI ke 8.

Semoga selalu dalam ridho dan lindunganNya.

Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin

Mubha Kahar Muang

Related posts