Kolom Rusman Madjulekka: Kolaborasi RMI dan J-lo untuk Pelestarian Keroncong

  • Whatsapp
Mohammad Suaib Mapapsila dan J-Lo di depan awak media (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Rumah Mencatat Indonesia (RMI) mengemas kerjasama dengan kelompok musik J-lo and Friends dalam mempromosikan lagu dan musik keroncong sebagai warisan budaya Indonesia, terutama dikalangan generasi milienal.

“Iya…kami (RMI,red) sepakat berkolaborasi dengan J-lo dan teman-teman. Tidak hanya di momen ini tapi di kesempatan lain Insya Allah pada setiap event RMI kami akan mengajak J-lo mengibur sekaligus mengenalkan musik keroncong,” ujar Mohammad Suaib Mappasila (MSM), pendiri RMI seusai launching buku “Mencatat Indonesia” di Jakarta, belum lama ini.

Di tengah gempuran lagu-lagu pop dan barat dewasa ini, tambah Suaib, RMI sebagai wadah berkumpulnya para insan dan talenta berbagai profesi diharapkan menjadi bagian dari upaya melestarikan warisan budaya Indonesia agar tidak tergerus oleh perjalanan zaman. Dan tak lupa MSM juga langsung membayar royalti lagu-lagu yang dilantunkan saat itu.

“Ayo ke sini Pak Suaib nyanyi bareng aku,” ajak J-lo disela-sela sesi ramah tamah dan hiburan dalam kegiatan yang dirangkaian sekaligus dengan peresmian berdirinya RMI. Suasana pun mendadak jadi riuh dan beberapa tamu ikut bergoyang mengikuti lagu lawas yang dikemas dalam irama musi keroncong yang ngebeat.

Salah satu keunikan yang cukup menonjol adalah kemampuan J-lo and Friends dalam menggabungkan elemen-elemen tradisional musik keroncong dengan sentuhan modern.

Hal itu membuat musiknya dapat dinikmati oleh berbagai generasi, baik yang tua maupun yang muda.

Sementara itu J-lo yang memiliki nama lengkap Juliette Angela Ermestine selain dikenal sebagai penyanyi, dia telah menunjukkan bakatnya dalam musik keroncong, sebuah genre musik tradisional Indonesia.

J-lo juga sering tampil mengenakan kebaya, sebuah pakaian tradisional Indonesia. “Kalau bukan kita yang melestarikan aset warisan budaya kita, siapa lagi?” ujar J-lo.

Pasca kompetisi pencarian bakat “Indonesian Idol” 2017, J-lo memutuskan untuk fokus pada musik keroncong, sebuah genre musik tradisional Indonesia yang khas.

Penampilannya yang anggun dengan suara yang merdu membuatnya menjadi salah satu penyanyi keroncong yang diperhitungkan di Indonesia dewasa ini. *

Related posts