PERSONA: Andi Afdal Abdullah, Anak Kahu di Jajaran BPJS

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Nama sosok Andi Afdal Abdullah muncul di kegiatan Ikatan Alumni Unhas Wilayah Jabodetabek (IKA Unhas Wil Jabodetabek) pekan ini.

Dia didapuk Ketua IKA Unhas Jabodetabek, Muhammad Ismak untuk menjadi ketua panitia Merdeka Cup 79 IKA Unhas Jabodetabek.

Awaluddin, pengurus IKA Unhas Jabodetabek yang merupakan alumni Kelautan Unhas mengirimkan nama lengkap sosok yang merupakan alumni Kedokteran Unhas itu.

Penelusuran Pelakita.ID, dr Afdal, begitu sapaannya adalah satu dari sekian jajaran direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan periode 2021–2026.

Dikutip dari laman Bisnis.Com, pada Senin tanggal 22 Februari 2021, Presiden Joko Widodo telah melantik delapan direksi, menyusul terbitnya Keppres 37/P 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengawas dan Keanggotaan Direksi BPJS Kesehatan Masa Jabatan Tahun 2021–2026.

Jokowi menunjuk secara langsung Ali Ghufron Mukti sebagai Direktur Utama BPJS Kesehatan periode 2021–2026. Nah, di dalamnya ada Andi Afdal bersama tujuh jajaran Direktorat lainnya.

Andi Afdal Haruna ditunjuk sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum BPJS Kesehatan.

Sebelumnya, dia adalah Deputi Direksi Bidang Manajemen Data dan Informasi.

Sejumlah alumni yang berhimpun di IKA Unhas Jabodetabek menyebut dr Andi Afdal sebagai salah satu tokoh muda yang lahir dari Sulawesi Selatan yang bisa memberikan inspirasi kepada kaum muda.

Pengalaman organisasi dari kampus menjadi bekalnya dalam mengarungi kehidupan, kampus tempatnya ia ditempa dan digembleng membuatnya matang dan kini menjadibtokoh yang menginspirasi anak muda.

Tentang Andi Afdal

Andi Afdal lahir di Kahu Bone.

Sosok kelahiran 11 Mei 1973 ini adalah putra dari pasangan A. Abdullah dari ibu Andi Sitti Marhanna. Suami dari Sitti Nurhidayah, dengan putri bernama Andi Nisa Fathimiyah.

Andi Afdal menamatkan SD-nya di SD Pongtiku sebelum masuk di SMP 6 Makassar.

Awwah! Bertemanjaki pale di FB!

Smansa pale! Andi Afdal ternyata masuk SMA Negeri 1 Makassar tahun 88 dan tamat 1991.

Dia lulus di Kedokteran Unhas tahun 1991. Dia seangkatan sejumlah anak SMA I Makassar kondang seperti Tomi Lebang, Sudirman Nasir, Arianto Patunru.

SudirmanNasiir kawan semasa sekolah menyebutnya sebagai kawan baik.

“Orang baik. Kawan di Smansa dan FKUH. Karirnya bagus di BPJS,” sebut Sudirman.

“Teman pulang balik anne kanda, waktu dia tugas di Medan, terbang dari Medan – Jakarta – Makassar. Nakke Jakarta Makassar, Jumat sore, balik Senin subuh,” kata Taufik Labank, koleganya yang lain.

Tahun 2011 kuliah di UGM untuk belajar Ekonomi Bisnis lalu meraih gelar SKM pada Universitas Indonesia pada 2017. Tahun 2008 dia pernah kuliah di Heidelberg University bagian ‘Health Financing’.

Masa-masa setelah kuliah dan tamat dari Fakultas Kedokteran Unhas dia aktif di organisasi Muhammadiyah.

Andi Afdal adalah juga pengurus di DPD Muhammadiyah Sulsel sebelum hijrah sebagai pengurus di Dewan Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada majelis Kesehatan.

Pengalamannya di Asuransi Kesehatan pertama kali tahun 2012 saat kerja di PT Askes. Tahun 2014, bergabung di BPJS.

Okemi! Hidup-hidupkanlah Muhammadiyah!

Penulis: Denun

 

 

 

Related posts