Mahasiswa KKN Unhas Gel 112 Sosialisasikan Literasi Keuangan GERBU Gerakan Menabung di UPTD SDN Camba Jawa Maros

  • Whatsapp
Sosialisasi GERBU UPTD SD 189 Camba Jawa, Maros (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Menabung merupakan solusi pengelolaan dana atau uang bagi generasi muda sekaligus berlatih mengatur penggunaannya.

Disebut demikian sebab dengan menabung, di usia muda, mereka bisa memproyeksikan masa depan dengan menyimpan sumber daya keuangan atau untuk penggunaan atau pengeluaran di masa depan.

Dengan menabung, generasi muda, terutama anak-anak sekolah bisa menyiapkan masa depan mereka.

Itu pula yang menjadi alasan bagi Resti Agatha Matande, mahasiswa KKN Unhas di Bantimurung Maros untuk melakukan sosialisasi peningkatan kasadaran dan pengetahuan generasi usia sekolah dasar.

Poster diserahkan langsung oleh Resti Agatha Matande. kepada Kepala UPTD SDN 189 Camba Jawa. (dok: Istimewa)Mahasiswa KKNT Desa Wisata Unhas Gelombang 112 itu melaksanakan program kerja individu.

Yakni Kegiatan Gerakan Menabung Sejak Dini (GERBU) yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2024 di UPTD SDN 189 Camba Jawa, Desa Baruga, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros yang dikhususkan bagi murid kelas 6.

Resti Agatha Matande, Mahasiswa KKNT Unhas yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas sebagai penanggung jawab menjelaskan, kgiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan serta embentuk kebiasaan menabung.

“Selain itu, juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran finansial, serta untuk mendukung pemberdayaan ekonomi,” tambahnya.

Resti menceritakan, kegiatan dimulai dengan memberikan kuis untuk mengetahui bagaimana pengetahuan siswa siswi terkait dengan menabung.

“Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi yang berisi pengertian menabung, Pentingnya menabung, manfaat menabung dan tips menabung,” jelasnya.

Kemudian di akhir sesi, lanjut Resti, diberikan kembali kuis yang sama di awal sesi untuk menilai peningkatan pemahaman siswa siswi dan juga menjadi tolok ukur keberhasilan sosialisasi.

“Di akhir sesi dilakukan  penyerahan poster yang diterima langsung oleh Kepala UPTD SDN 189 Camba Jawa, Ibu Farida Halim, S.Pd,” sebutnya.

Dr Anas Iswanto Anwar, M.A. selaku Dosen Pembimbing KKNT menyambut baik kegiatan ini.

“Pengenalan mengenai konsep keuangan terhadap anak harusnya dilakukan sejak dini. Pembelajaran mengenai konsep menabung dan perilaku belanja sejak dini dapat membentuk pola perilaku anak di masa depannya,” ucapnya.

“Menabung merupakan suatu perilaku yang sangat penting bagi setiap individu dalam suatu masyarakat, karena menabung merupakan salah satu cara untuk menyiapkan kehidupan yang lebih baik,” lanjut Anas.

”Tak hanya itu, dilaksanakan pula sesi tanya jawab dan sebagai apresiasi kepada siswa siswi yang bisa menjawab pertanyaan diberikan celengan yang diharapkan dapat memotivasi mereka untuk menabung,” tambah Resti.

Sekolah SD Negeri 189 Inpres Camba Jawa terletak di Dusun Cambajawa, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros.

Redaksi

 

Related posts