KKP Kebut Pendaftaran Kapal Perikanan di Makassar

  • Whatsapp
Kapal-kapal yang siap diukur (dok: PPS Kendari)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari turut serta melakukan pendampingan kegiatan Gerai Pengukuran dan Pendaftaran Kapal Perikanan pada tanggal 23-24 Juli 2024 yang bertempat di Pelabuhan Perikanan Untia, Kota Makassar.

Mochamad Idnillah selaku Direktur KAPI menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan gerai yang dirangkaikan dengan Bimtek SKN.

Idnillah menjelaskan bahwa Pengukuran Kapal Perikanan akan dilakukan di tiga titik yaitu, Pelabuhan Maccini Baji Pangkep, Pelabuhan Perikanan Untia, dan Takalar.

Petugas pelabuhan saat memeriksa kapal yang siap diukur (dok: PPS Kendari)

Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa Petugas kelaikan dan Pengukuran kapal siap melakukan kegiatan pengukuran kapal di semua lokasi.

Terakhir, Idnillah berharap adanya dukungan dan kerjasama dari dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan untuk membantu mengawal kelengkapan dokumen kapal perikanan di wilayah perairan Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan yang sama Kepala PPS Kendari Syahril Abd. Raup mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bersinergi mensukseskan gerai pengukuran dan pendaftaran kapal perikanan ini.

Kapal-kapal yang diukur (dok: PPS: Kendari)

“Kami berharap seluruh pemilik kapal di Sulawesi Selatan dapat memanfaatkan gerai pendaftaran kapal untuk kepentingan keselamatan dan keamanan pelayaran,” ucap Syahril.

Dia juga mengapresiasi atas usaha keras petugas di pelabuhan perikanan sehingga telah didiukur 39 kapal.

Suasana jelang pemgukuran kapal di PP Untia (dok: PPS Kendari)

“Pada kegiatan gerai ini terdapat 39 kapal yang dilakukan pengukuran dan 20 kapal yang didaftarkan untuk mendapatkan surat ukur dan pas kecil,” jelasnya.

Melalui pengukuran dan pendaftaran kapal perikanan ini diharapkan dapat memenuhi persyaratan pendaftaran dan penerbitan surat kebangsaan bagi kapal penangkap ikan sehingga terjamin legalitasnya.

Redaksi

Related posts