Kadishub Kota Makassar Terima Audiensi WRI Program Kota Masa Depan UK PACT

  • Whatsapp
Audiensi Dari World Resources Institute Indonesia (WRI Indonesia) Program Kota Masa Depan UK PACT di Kota Makassar. (Dok: Humas Dishub)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Zainal Ibrahim menerima audiensi dari World Resources Institute Indonesia (WRI Indonesia) Program Kota Masa Depan UK PACT di Kota Makassar (Selasa, 18/7/2024)

Program Kota Masa Depan Kemitraan Inggris-Indonesia UK PACT yang diimplementasikan oleh World Resources Institute (WRI) Indonesia, Vital Strategies, dan ARUP.

Salah satu output yang telah diberikan ke Pemkot Makassar adalah Desain Koridor Ruang Jalan di Simpul Sudirman Kota Makassar pada 21 September 2023 di Kota Makassar.

Desain ini mendukung Pemerintah Kota Makassar untuk melakukan perencanaan hingga implementasi fasilitas transportasi yang aman, inklusif, dan tangguh guna menunjang mobilitas perkotaan berkelanjutan di Kota Makassar.

Desain ini merupakan hasil kolaborasi antara inisiatif Kota Masa Depan UK PACT dengan Pemerintah Kota Makassar yang prosesnya telah berlangsung sejak Maret hingga Agustus 2023 melalui rangkaian lokakarya mendesain bersama (co-design) dalam mendiskusikan kebutuhan penataan ruang pada skala lingkungan di sekitar Kawasan Simpul Sudirman, khususnya di Sumbu Fort Rotterdam.

Melalui rangkaian lokakarya tersebut ditemukan beberapa kondisi mobilitas pesisir yang perlu dibenahi, seperti banjir, kawasan permukiman yang rentan, penuaan prasarana, kemacetan, dan rentan tergerusnya warisan budaya.

Program Kota masa Depan UK PACT sangat mengapresiasi kesempatan kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar dalam mendorong aksi mitigasi dan adaptasi melalui kolaborasi strategis ini.

Dalam pertemuan tersebut dibahas berbagai riset yang telah dirangkum dalam laporan desain ini mengusulkan transformasi jangka panjang menuju ruang yang berorientasi pada mobilitas aktif dengan tujuan utamanya adalah memulihkan ruang kota bagi masyarakat Makassar dengan mengedepankan nilai-nilai budaya, sejarah, dan ekologi, serta menciptakan mobilitas warga kota pesisir yang rendah karbon.

Disebutkan pula bahwa transformasi berbasis data yang merupakan bagian dari kerja sama Program Kota Masa Depan UK PACT dengan Pemerintah Kota Makassar ini akan mendukung Jalan Ujung Pandang di Fort Rotterdam menjadi tempat yang aman bagi masyarakat untuk beraktivitas, sekaligus meningkatkan ketahanan terhadap potensi bencana.”

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Zainal Ibrahim memberi apresiasi kepada tim Program Kota Masa Depan UK PACT dan berharap, ke depan, hasil studi dan program yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Pemerintah Kota Makassar.

”Kita berharap ada adopsi desain ke dalam program pembangunan kota dan bersama mengembangkan strategi pembiayaan alternatif serta melakukan kampanye publik,” sebut Zainal.

Sumber: Dishub Kota Makassar

Related posts