Sulsel Smansa Run 10K 2024 Sukses Luar Biasa, Andi Ina Berharap Terus Berlanjut

  • Whatsapp
Pelaksanaan Sulsel Smansa Run 10K berlangsung sukses, kerjasama Dispora Sulsel, Penkot Makassar, IKA Smansa Makassar, Makassar Runners Community dan Persatuan Ateltik Indonesia (dok: Humas Pemkot Makassar)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pelaksanaan Sulsel Smansa Run 10K 2024 berlangsung sukses, luar biasa dan membanggakan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan yang juga ketua umum pengurus pusat IKA Smansa Makassar di Karebosi, Minggu, 14/7/2024.

“Pelaksanaan Sulsel Smansa Run 2024 berlangsung sukses bukan hanya karena diikuti peserta mencapai tiga ribu dua ratus tetapi karena dukungan para tokoh, senior-senior Smansa dan pemerintah Sulawesi Selatan serta Pemkot Makassar,” sebut Andi Ina.

Read More

Dia mengapresiasi dan bangga atas kehadiran Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fikrulloh, Kapolda Sulsel Irjen Irjen (Pol) Andi Rian Djajadi, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, wakil gubernur dua periode Sulsel Agus Arifin Nu’mang hingga ribuan alumni Smansa.

Pembukaan Sulsel Smansa Run 10K 2024 (dok: Humas Penkot Makassar)

Acara ini didukung Dispora Sulsel, Pemkot Makassar, IKA Smansa Makassar dan Makassar Runners Community dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia.

“Saya bangga karena yang hadir, Pak Kapolda Andi Rian adalah ketua IKA Smansa angkatan 87, saya bangga karena wali kota Makassar alumni Smansa 81,” tambah Ina.

Pantauan Pelakita.ID, acara Sulsel Smansa Run 2024 yang berhadiah total 60 juta ini berlangsung sejak pukul 6 pagi dan dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur, Kapolda Sulsel, Wali Kota Makassar dan Ketua IKA Smansa Makassar.

Ada sejumlah kategori yang diperlombakan, 10K Open, 10K Master, 10K MRC, 5K dan komunitas.

Sulsel Smansa Run 10K2024 ajang bagi alumni Smansa unjuk kekuatan lari (dok: Istimewa)

Selain nama-nama di atas, sejumlah tokoh alumni Smansa Makassar hadir Umar Arsal Alhabsy, Hoist Bachtiar, Andi Herry Attas, Prof Majdah Zain, Mohammad Zuhair Kalla, Andi Laksmiwaty, Muhammad Rusham, Muhammad Yusri Lukman, Ita Anwar hingga Ahmad Habib.

Tahun Kelima

Andi Ina mengaku bangga sebab menurutnya perhelatan ini bermula sejak lima tahun lalu, ada senior Smansa Makassar yang peduli dan konsisten mengawal pelaksanaan acara bergensi ini.

Dia pun menyebut sejumlah nama seperti Agus Arifin Nu’mang, Hoist Bachriar, Andi Herry Attas, Oyong dari Smansa 87 hingga Lauradiah Djalle dan Maliku Pakambanan yang sejak awal aktif menyiapkan dan mengawal acara ini.

“Saya berterima kasih atas dukungan senior-senior Smansa,” ujar sosok yang disebut akan maju di Pilkada Barru yang merupakan alumni Smansa Makassar angkatan 93.

Pelaksanaan Sulsel Smansa Run 2024 berlangsung sukses (dok: Pelakita.ID)

Dia juga menyampaikan secara kelembagaan PP IKA Smansa Makassar telah melantik Smansa Runners, komunitas yang menghimpun alumni Smansa dan umum untuk aktif dan terus menerus menggelar kegiatan olahraga lari.

“Tentu kita berharap keberlanjutan dan konsistensi kita untuk terus bersama, terus menjagga silaturahmi dan kreativitas sebagai alumni Smansa,” ujarnya.

Dia juga mengaku bangga sebab bukan hanya alumni Smansa yang hadir dalam kegiatan ini tetapi juga masyarakat umum, komunitas, pegiat olahraga lari dari luar Kota Makassar.

Event Sulsel Smansa 10K ini diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Pengurus Pusat IKA Smansa dan Makassar Runners Community (MRC).

Ketua IKA Smansa Makassar Abndi Ina Kartika Sari dan Ketua IKA Smansa 87 Andi Rian R. Djajadi (dok: Pelakita.ID)

Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian mengapresiasi alumni Smansa Makassar yang ikut menyukseskan acara, selain karena berlangsung sukses, zero accident juga karena berlangsung penuh keakraban.

”Senang sekali menyaksikan warga Makassar, alumni Smansa dan komunitas hadir pada acara ini, berlangsung sukses dan membanggakan,” ujar pria yang juga ketua IKA Smansa angkatan 87 ini.

Danny Pomanto selaku Wali Kota Makassar mengapresiasi inisiatif tahunan IKA Smansa dan Pemprov Sulsel ini.

Hal yang disebutnya dapat mempererat tali silaturahmi sesama alumni, sekaligus membangun kebiasaan hidup sehat dengan rutin berolahraga.

“Saya kira ini kegiatan ini bagus sekali, kita para alumni bisa ketemu di event-event seperti ini. Sehatnya dapat, silaturahminya dapat,” sebutnya kepada awak media.

Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Firulloh pada pelaksanaan Sulsel Smansa Run 20K 2024 (dok: Malik Faisal/Dinas Sosial)

”Ini juga menjadi tanda bahwa Makassar layak mendapat predikat kota terbahagia di dunia berdasarkan Happy City Indeks 2024,” pungkasnya.

Gabungan Komunitas

Syahrir Madeali atau akrab disapa Oyong, salah satu satu pendiri Smansa Runners menambahkan, Makassar Runner Communirty adalah Gabungan komunitas dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Anggota MRC Sekarang Tercatat Lebih 50 Komunitas dengan Jumlah Anggota Ratusan Pelari.

Sejumlah peserta dari luar daerah nampak di momen ini seperti dari Gowa, Sidrap, Selayar hingga Jakarta.

Sekretariatnya di Warkop Turatea Hotel Kenari Pantai| Jalan Penghibur 289 Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada momen tersebut, Pj Gubernur Zudan Arif, Andi Ina, Kapolda Sulsel Andi Rian, Wali Kota Makassar Danny Pomanto ikut mengkampanyekan Pelaksanaan Temu Nasional Smansa Makassar di Kota Yogyakarta tahun 2025 dengan memberi simbol Jari 4, tanda Tenas IV.

”Mohon doanya semoga pelaksanaan Tenas IV di Yogyakarta lebih meriah dari Tenas III Bali,” tutup Andi Ina Kartika Sari.

Redaksi

Related posts